tentang sejarah kehidupan di tanah jawa

Mengenal Asal Undangan Istilah Jalan Makadam

Secara definisi jalan makadam adalan pengerasan jalan dengan cara memberi dua macam lapisan batu-batuan, berangasan dan halus, pada lapisan dasar kerikil sungai (batu kali). 

Nama makadam berasal dari nama penggagasnya yaitu John Loudon McAdam (1756 - 1836). Makadam lahir berkat semangat untuk membangun lebih banyak jalan. Maka, perlu cara menciptakan jalan secara cepat dengan biaya tidak terlalu tinggi. Makadam diakui sebagai pembuka jalan kemajuan konstruksi jalan.

Di simpulan kurun XIX seiring dengan makin banyaknya pemakai sepeda, jalan yang mulus semakin dituntut. Tahun 1824 untuk pertama kali jalan beraspal dibuat, cuma dengan menaruh blok-blok aspal. Jalan bersejarah itu di Champ-Elysees, Paris.

Selanjutnya, hadir jalan beton semen portland di Skotlandia pada 1865. Meski lebih kuat, jalan beton gampang retak. Sedangkan aspal punya kelebihan sebagai pengikat yang tahan air dan plastis alias mempunyai kemampuan "kembang-susut" yang baik terhadap perubahan cuaca.

Aspal telah digunakan semenjak masa sangat awal. Peninggalan dari sekitar milenium 3 SM di Mohenjo-daro, Pakistan, berupa penampung air dari kerikil bata yang bertambalkan aspal ialah buktinya.

Aspal jalan modern ialah hasil karya imigran Belgia Edward de Smedt di Columbia University, New York. Tahun 1872, ia sukses merekayasa aspal modern dengan kepadatan maksimum. Aspal itu pertama kali digunakan di Battery Park dan Fifth Avenue, New York, tahun 1872 dan Pennsylvania Avenue, Washington, D.C. tahun 1877. Kini, sedikitnya 90% jalan utama di perkotaan selalu memanfaatkan aspal.

Jangan bandingkan kondisi itu dengan keadaan jalan pertama, yang muncul sekitar tahun 3000 SM. Jalan itu masih berupa jalan setapak, dengan konstruksi sesuai kendaraan beroda masa itu. Letaknya diduga antara Pegunungan Kaukasus dan Teluk Persia.

Lalu dibangunlah jalan yang menghubungkan Mesopotamia - Mesir, selain sebagai akomodasi perdagangan, juga pertukaran budaya. Jalan utama pertama ialah Jalan Bangsawan Persia, yang terentang dari Teluk Persia sampai Laut Aegea sepanjang 2.857 km. Jalan ini bertahan dari tahun 3500-300 SM.

"Jalur Kuning" adalah jalan tertua di Eropa yang berawal di Yunani dan Tuscany sampai Laut Baltik. Di Asia Timur bangsa Cina membangun jalan yang menghubungkan kota-kota utamanya, jikalau digabung panjangnya mencapai 3.200 km.

Jalan memegang tugas penting atas kelangsungan suatu bangsa, itu diakui Bangsa Romawi kuno. Tak heran mereka banyak membangun jalan. Di puncak kejayaannya Romawi telah membangun jalan sepanjang 85.000 km! Itu terbentang mulai Inggris di utara sampai Afrika Selatan, dan dari pantai Samudera Atlantik di Peninsula Iberian di barat sampai Teluk Persia di timur.

Teknik membangun jalan pun amat beragam. Di Eropa Utara yang repot dengan tanah berair serupa "bubur", dipilih jalan kayu. Gelondong kayu dipasang di atas lapisan ranting, kemudian di atasnya disusun kayu secara melintang berpotongan untuk melalui ranjau "bubur" itu.

Di Kepulauan Malta ada bab jalan yang ditatah biar kendaraan tak meluncur turun. Sedangkan masyarakat di Lembah Indus sudah membangun jalan dari bata yang disemen dengan bituna (bahan aspal) biar tetap kering.

Namun, bangsa Romawilah penemu konstruksi jalan secara ilmiah. Jalan-jalan yang berciri khas lurus-lurus itu terdiri atas empat lapis. Yang pertama ialah hamparan pasir atau adukan semen, kemudian lapisan kerikil besar datar, disusul lapisan kerikil dicampur kapur, terakhir lapisan tipis permukaan dari lava yang menyerupai kerikil api. Ketebalan jalan itu 0,9 - 1,5 m. Rancangan mereka termasuk yang tercanggih sebelum muncul teknologi pembuatan jalan modern di simpulan kurun XVIII atau awal kurun XIX. Sayangnya, jalan itu rusak dikala Romawi mulai runtuh.

0 Komentar untuk "Mengenal Asal Undangan Istilah Jalan Makadam"

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Back To Top